Bantu Tuntaskan Progam Pemerintah, Muhammadiyah Demak Laksanakan Vaksinasi Massal

DEMAKMU.COM – Demak. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Demak adakan kegiatan “Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah Untuk Semua”, Sabtu (23/10/2021). Kegiatan diawali di Desa Kenduren Kecamatan Wedung Demak, tepatnya di Gedung Serbaguna Desa Kenduren yang diikuti oleh ratusan orang dari berbagai usia. Selanjutnya vaksinasi ini juga akan dilaksanakan di beberapa tempat lainnya di Kabupaten Demak namun panitia belum menentukan lokasi pastinya.

Vaksinasi tersebut dibantu oleh Tim vaksinator dari RS Hj Fatimah Sulhan PKU Muhammadiyah Demak, Puskesmas Wedung 1 dan Klinik Rumah Bersalin Darussalam Demak.

Vaksinasi massal tersebut merupakan program dari Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama dengan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), bertujuan untuk membantu percepatan vaksin di Indonesia.

Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Agus Samsudin mengatakan, Muhammadiyah akan selalu memberikan kontribusi positif untuk kebaikan semua, termasuk dalam percepatan vaksinasi sebagai ikhtiar menyelesaikan pandemi. Harapannya jangan sampai pandemi berulang kembali, ia menghimbau warga tetap menjaga protokol kesehatan, terlebih saat datang moment akhir tahun atau tahun baru.

“Muhammadiyah bekerjasama dengan USAID terus membantu percepatan vaksinasi,” katanya saat menyampaikan sambutan. Menurut Dr. Agus, pasien di rumah sakit secara bertahap mulai berkurang. Ia optimis keadaan akan terus membaik. “Keadaan mulai membaik, tapi pandemi belum selesai, kita tetap harus menerapkan 5M,” katanya.

Pemerintah Amerika Serikat melalui USAID telah memberikan komitmen sekitar 11 juta dolar (Rp 187 miliar) sebagai bagian dari respons kemanusiaan dan kesehatan global Pemerintah AS terhadap COVID-19. Jumlah ini termasuk 700.000 dolar yang diberikan kepada MPKU Muhammadiyah di bawah program respons MPKU COVID-19. Dengan dukungan USAID, Muhammadiyah telah melatih lebih dari 5.000 tenaga kesehatan, memperoleh peralatan klinis untuk mendukung layanan COVID-19 di 84 rumah sakit di tujuh provinsi, dan merawat lebih dari 10.000 pasien COVID-19.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Demak H. Suali mengatakan, saat ini menurut informasi kepala Desa Kenduren sudah 79% warga yang tervaksin, maka Muhammadiyah siap menuntaskan sampai 100%. “Kita harus bersama-sama mensukseskan vaksinasi pemerintah. Karena negara masih dirundung pandemi,” katanya dalam sambutannya.

Suali berharap, dengan bertambahnya jumlah vaksinasi, semua tetap sehat dan selamat dari Covid-19. “Mudah-mudahan semuanya sehat,” tuturnya.

Peserta Vaksinasi Massal Muhammadiyah ini sejatinya tidak hanya untuk warga Desa Kenduren, bisa lintas daerah bahkan lintas organisasi dan agama, seperti disampaikan Ketua PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) Wedung, Muqoddas. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Demak, Kepala Desa Kenduren, BMT Ben Makmur yang turut mensukseskan kegiatan tersebut.

Muannam Zuhdi, Kepala Desa Kenduren menyampaikan kepuasannya, “Kegiatan Vaksin Massal Muhammadiyah ini adalah termasuk kegiatan pertama yang reyen gedung serba guna desa dengan urutan acara yang sangat khidmat, karena gedung belum lama selesai dibangun.

Di kesempatan yang sama, District Manager (DM) Muhammadiyah Jateng untuk Kabupaten Demak Moh Ilyasi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal ini untuk Vaksinasi I yaitu Pfizer dan Vaksinasi 2 yaitu Sinovac. Pada kesempatan ini mempersiapkan 600 vaksin namun juga siap bila dibutuhkan tambahan.”Target kami adalah 3000 warga tervaksin, semoga diberikan kelancaran,” imbuhnya.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian 118 paket sembako dan peralatan rumah tangga sebagai door price peserta vaksin.

 64 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.