Maklumat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah tentang Salat Gerhana Bulan

DEMAKMU.COM | PUSAT – Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa pada hari Jumat, 14 Rabiulakhir 1443 H bertepatan dengan 19 November 2021 M, sebagian wilayah Indonesia, mulai Yogyakarta ke arah timur sampai Papua akan mengalami gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan sebagian tersebut akan berakhir pada pukul 17.47 WIB (18.47 WITA/19.47 WIT).

Sehubungan dengan hal tersebut Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau pimpinan dan warga Muhammadiyah untuk melaksanakan ibadah salat gerhana bulan (salat khusuf) serta melakukan pengamatan gerhana bulan. Namun mengingat ada sebagian wilayah yang mengalami gerhana dengan waktu yang sangat singkat bertepatan dengan waktu salat bulan sebagian Magrib seperti wilayah Yogyakarta, maka jika pelaksanaan salat gerhana bulan dapat mengganggu kekhusyukan salat Magrib, salat gerhana tidak perlu dilaksanakan. Adapun ketentuan pelaksanaan salat khusuf dapat dilihat pada Lampiran Maklumat ini.

Mengingat sampai dengan saat ini pandemi Covid-19 belum mereda, maka seluruh kegiatan hendaknya dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19 secara ketat, sebagaimana ketentuan terlampir.

lihat dan download lengkap majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah di sini

 82 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.