Jumat Berkah Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Demak Bagikan Nasi Gratis

DEMAKMU.COM | DEMAK – Masa pandemi Covid-19 masih dirasakan dampaknya oleh warga, Lazismu, PC Muhammadiyah Dan PC Aisyiyah Demak terpanggil untuk membuat sebuah gerakan kepedulian, dengan mengadakan program Jumkah Sibung (Jumat Berkah Nasi bungkus) Nasi bungkus ataupun kotak gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ketua PC Aisyiyah Demak Hening Wulandati selaku Koordinator kegiatan mengatakan program ini sebenarnya sudah lama dilaksanakan, Jumat Berkahnya kalau sebelum pandemi dengan cara menyediakan makan dalam piring atau mangkok. Jadi bisa di makan di masjid Darussalam ataupun bagi yang menginkan dinaqa pulang baru dibungkus.

Ketua PC Muhammadiyah Demak Jakfar Hasmy menambahkan, setelah adanya pandemi, kami harus mematuhi peraturan pemerintah dengan penerapkan 5 M, (Memakai masker, Menjaga jarak, Mengjindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun Dan air mengalir, serta Menjaga imun) maka dari itu, Jumat Berkah diprogramkan dengan dibungkus semua.

Direktur Lazismu Demak Dwi Yulianto, S.E menjelaskan bahwa nasi kotak merupakan salah satu makanan primer yang penting guna menunjang tubuh yang Allah titipkan untuk bahan dasar asupan dalam beraktivitas, beribadah juga nutrisi bagi kesehatan.” Jelasnya.

Adapun sasaran khusus yang menjadi target kegiatan ini adalah para jamaah shilat Jumat di masjid Darussalam, disamping itu, lapisan masyarakat menengah ke bawah yang juga akan kami bagi seperti para penyapu jalan, pejala kaki, tukang becak, kuli toko, sopir dan lainnya”. tegasnya.

Setiap Jumat kurang lebih 500 nasi bungkus/kotak ditambah minuman baik hangat maupun dingin , serta jajanan siap tersaji di depan masjid Darussalam. “Dalam kegiatan ini,siapapun boleh mengambil siapapun boleh mengisi. Kami berharap mendapat dukungan dari berbagai pihak khususnya di internal warga Muhammadiyah maupun warga sekitar atau para donatur partisapan.” paparnya.

Saat ini, Jumat Berkah sudah berjalan kurang lebih 3 tahun. Program ini semakin semarak jika datang bulan Ramadhan, karena kami juga menyiapkan takjil selama bulan Romadhon, “Semoga aktivitas ini menjadi inspirasi semakin meluasnya semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama sehingga kelak bisa membangun suatu peradaban yang lebih baik.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.